Fisika tidak bisa dilepaskan dari eksperimen, karena hakikat IPA adalah produk, proses dan sikap. Pada materi fisika sendiri semua materi bisa dilakukan dengan eksperimen baik secara nyata atau melalui virtual. tetapi pada tulisan kali ini kita akan membahas dulu mengenai percobaan mengenai suhu dan kalor yang bisa lakukan melalui eksperimen di Laboratorium..
Biar ngak banyak nulis ya...mudahan mudahn LKS dibawah bisa membantu kawan kawan untuk melakukan praktikum materi zat dan kalor ya
LAMPIRAN-B
LEMBAR KEGIATAN SISWA - 01
Pemuaian Zat
Tujuan Percobaan
Menyelidiki pengaruh kalor terhadap ukuran benda
Menunjukkan hubungan antara pertambahan panjang dengan perubahan suhu benda
Memahami pemuaian zat padat, cair dan gas melalui percobaan
Alat dan Bahan
Pembakar spiritus
Kawat besi, tembaga, dan aluminium.
Stop watch/jam tangan digital
Penggaris
Statif
Termometer
Baskom
Balon, Botol
Pertanyaan awal:
Jika sebatang kawat dari bahan tembaga dipanaskan, apa yang terjadi? Bagaimana jika tembaga diganti dengan kawat dari bahan lain? Jika terjadi perubahan panjang, apakah pertambahan panjang keduanya sama untuk kenaikan suhu yang sama? Bagaimana hubungan antara pertambahan panjang kawat dengan lamanya pemanasan?
Jawaban sementara:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Apa yang terjadi pada cairan dalam termometer, jika termometer dimasukkan ke dalam baskom berisi air panas? Mengapa demikian? Bagaimana jika termometer tersebut dicelupkan ke dalam air dingin, apakah permukaan cairan akan naik atau turun?
Jawaban sementara: …………………………………………………………… …………………………………………………………………………………
Jika sebuah balon dimasukkan dalam botol, kemudian botol tersebut dipanaskan, apa yang terjadi? Jika botol didinginkan, apa yang terjadi? Mengapa demikian?
Jawaban sementara:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah Kegiatan
Kegiatan 1. Pemuaian zat Padat
Untuk menjawab permasalahan diatas, lakukan percobaan dengan mengacu pada alat dan bahan yang telah tersedia. Panaskan kawat dengan pembakar spiritus selama 1 menit atau sampai kawat panas!Amati apa yang terjadi!
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
Setelah ketiga kawat dipanaskan dalam selang waktu yang sama apakah panjang akhir ketiga kawat sama? Mengapa?
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
Kawat manakah yang mengalami pertambahan panjang terbesar? Mengapa? ....................................................................................................................................................................................................................................................
Kawat manakah yang mengalami pertambahan panjang terkecil? Mengapa?
.........................................................................................................................................................................................................................................................
Menurut anda, apa yang terjadi terhadap ketiga kawat bila dipanaskan lebih lama? Mengapa?
............................................................................................................................
............................................................................................................................
Bagaimana jika kawat diganti dengan ukuran yang berbeda, apakah pertambahan panjangnya sama? …………………………………………………………………………………...………………………………………………………………………………...
Bagaimana hubungan antara pertambahan panjang, jenis bahan, dan perubahan suhu?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Faktor apa saja yang mempengaruhi pertambahan panjang benda?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan 2.a. Pemuaian zat Cair
1). Untuk menjawab permasalahan kedua, lakukan percobaan dengan mengacu pada alat yang telah disediakan.
2). Peralatan dan bahan apa saja yang anda perlukan untuk percobaan 2?
3). Apa yang terjadi ketika termometer dimasukkan ke dalam air panas?
4). Mengapa cairan yang ada dalam termometer bisa naik?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan 2.b Pemuaian zat Cair
Panaskan dua atau tiga jenis zat cair yang berbeda (misalnya air, miyak goreng dan alkohol) dalam labu erlenmeyer yang dilengkapi pipa kapiler dan sumbat karet.
Bagaimanakah permukaan zat cair setelah dipanaskan?
Apakah sama besar pemuaian untuk setiap zat cair?
Kegiatan 3. Pemuaian Gas
Tuliskan alat apa saja yang anda perlukan untuk melakukan percobaan 3
Lakukan percobaan untuk menjawab permasalahan ketiga
Apa yang terjadi dengan balon jika botol dipanaskan? Mengapa demikian?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Apa yang terjadi dengan balon jika botol didinginkan? Mengapa demikian?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Pertanyaan Akhir
Apakah jawaban prediksi anda sesuai dengan hasil pengamatan yang anda lakukan?Mengapa?
........………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Apa saja hal yang mempengaruhi pemuaian suatu zat? Bagaimanakah hubungan kenaikan suhu dengan pertambahan panjang logam?
..........................................................................................................................................................................................................................................................
Sebutkan 3 dampak yang diakibatkan oleh pemuaian dan sebutkan 3 manfaat dari pemuaian
....…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Buatlah kesimpulan dari hasil pengamatan anda pada kegiatan 1, 2 dan 3 dan jawablah kembali pertanyaan sebelumnya.
....…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
LEMBAR KERJA SISWA - 02
Kalor dan Azas Black
Tujuan
Menerapkan asas Black
Memahami pertukaran kalor antara dua jenis benda
Alat dan Bahan
Pemanas celup/Pembakar bunsen
Kalorimeter, Bejana
Kaki tiga
Penjepit
Stopwatch
Termometer
Air panas, es
Besi
Air mineral
Minyak goreng
Pertanyaan awal:
Jika kita mencampurkan air yang massanya sama tetapi suhunya berbeda ke dalam suatu bejana selama selang waktu tertentu sampai suhu air tidak berubah lagi (terjadi kesetimbangan termal), apakah selisih perubahan suhu masing-masing air sama atau berbeda? Mengapa demikian? Jika massa air yang suhunya lebih rendah diperbesar, bagaimana selisih suhunya?
Jawaban sementara:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Jika air yang masssanya 100 g dan minyak goreng 100 g dipanaskan pada waktu yang bersamaan, manakah yang lebih cepat mendidih? Mengapa demikian?
Jawaban sementara:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah Kegiatan
Kegiatan 1
Isilah bejana A dengan air 100 gram, bejana B dengan air 150 gram, dan bejana C dengan minyak goreng 100 gram
Nyalakanlah pembakar spritus kemudian catat suhu air dan minyak goreng setiap 1 menit.
Tabel 1. Data hasil Pengamatan
Waktu (menit)
1 2 3 4 5
Suhu air pada bejana A
Suhu air pada bejana B
Suhu minyak goreng pada bejana C
Bandingkanlah perubahan suhu pada bejana A dan B. Apakah hasilnya berbeda? Mengapa demikian?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Bandingkanlah perubahan suhu pada bejana A dan C. Apakah hasilnya berbeda? Mengapa demikian?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Bagaimana hubungan jenis bahan dengan kenaikan suhu benda?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Bagaimanakah pengaruh penambahan kalor (ditandai dengan lamanya pemanasan) terhadap kenaikan suhu benda?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Bagaimanakah hubungan antara kalor, massa, jenis bahan dengan kenaikan suhu? Buat kesimpulan dari percobaan yang anda lakukan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan 2
Isilah air dingin pada bejana A dan air panas pada bejana B masing-masing 100 ml, ukur suhu air dalam kedua bejana tersebut!
Tuangkan air dari bejana B ke dalam bejana A, lalu aduk terus menerus sampai penunjukan suhu pada bejana A tidak turun lagi dan catat suhu akhir campuran (Ta).
Tabel 2. Data hasil Pengamatan
No Jenis zat dalam bejana Massa zat dalam bejana (ml) Suhu zat dalam bejana (oC) Suhu campuran(oC) Perubahan suhu(oC)
A B A B A B A B
1 Air Air 100 100
2 Air Air 100 200
3 Air Air 200 200
4 Air es 100 100
5 Air Air+Cu 100 100+100
Ulangi percobaan dengan massa air yang berbeda seperti terlihat pada tabel 3.
Bagaimana pengaruh penambahan massa air pada bejana A dan B terhadap suhu campuran?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Apakah jumlah kalor yang dilepaskan benda panas sama dengan jumlah kalor yang diterima benda dingin?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Apakah jawaban prediksi anda sesuai dengan hasil pengamatan yang anda lakukan? ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Buatlah kesimpulan dari percobaan yang anda lakukan pada kegiatan 1 dan 2, dan jawablah kembali pertanyaan sebelumnya.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
LEMBAR KERJA SISWA - 03
Perubahan Wujud Zat
Tujuan Percobaan
Mengamati proses perubahan wujud zat
Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan wujud zat
Alat dan Bahan
Tabung kaca
Bejana kaca
Termometer
Pemanas celup/Pembakar bunsen
Stopwatch
Gelas
Lilin, Balok es,Air
Pertanyaan awal:
Jika kita meletakkan sebongkah es dalam sebuah bejana, kemudian bejana dipanaskan dalam selang waktu tertentu maka es akan mencair. Apakah selama pemanasan suhu es mengalami peningkatan suhu terus menerus? Apakah dalam perubahan wujud zat terjadi kenaikan suhu?
Jawaban sementara:
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
Ketika sebuah gelas diisi penuh dengan air dan es batu, pada saat semua es berubah menjadi air, apakah permukaan air berkurang, tetap, atau tumpah?
Jawaban sementara:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Jika lilin dipanaskan hingga melebur, kemudian didinginkan hingga membeku, apakah waktu yang diperlukan pada kedua proses sama? Mengapa demikian?
Jawaban sementara: ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah Kegiatan
Kegiatan 1
Masukkan bongkahan es 50 g ke dalam bejana, ukur suhu mula-mula bongkahan es kemudian panaskan, secara bersamaan hidupkan stopwatch.
Amati dan catat perubahan yang terjadi pada bongkahan es selama pemanasan, tandai selang waktu saat tidak terjadi peningkatan suhu, catat penunjukan suhu tiap satu menit sampai terjadi uap air.
Tabel 2. Hasil Pengamatan
Jenis zat: T_0: ……
Pengukuran Selang waktu (sekon) Suhu akhir (ToC) Pengamatan/perubahan yang terjadi
1
2
3
4
…….
Pada saat kapankah terjadi perubahan wujud es? Apakah terjadi perubahan suhu? Mengapa demikian?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Dari hasil pengamatan anda bagaimana hubungan pemberian kalor (yang diwakili oleh waktu) dengan perubahan suhu dan wujud es?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Seandainya bongkahan es diganti dengan logam apakah waktu yang diperlukan untuk melebur sama? Mengapa demikian?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan 2 *
Panaskan air dalam bejana kaca. Kemudian celupkanlah tabung yang berisi lilin 25 g ke dalam air.
Bacalah suhu lilin setiap setengah menit sampai semua lilin melebur
Keluarkan tabung yang berisi lilin cair dari air mendidih. Biarkan lilin mendingin di udara dan bacalah suhu lilin setiap setengah menit
Suhu lilin tiap 30 sekon (oC)
Awal 1 2 3 … …. Akhir
Lilin dipanaskan
Lilin didinginkan
Apakah waktu yang diperlukan lilin untuk melebur sama dengan waktu yang diperlukan untuk membeku?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Buatlah kesimpulan tentang proses melebur dan membeku
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan 3
Tuangkan es batu 50 g ke dalam gelas dan tambahkan air sampai gelas penuh. Apakah yang terjadi setelah semua es melebur? ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Bagaimana keadaan permukaan air dalam gelas? Mengapa bisa demikian? ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Dari percobaan yang anda lakukan apakah jawaban prediksi anda sesuai dengan hasil pengamatan? Apa kesimpulan anda dari percobaan tersebut!
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
LEMBAR KEGIATAN SISWA - 04
Perpindahan Kalor
Tujuan Percobaan
Setelah melakukan percobaan dan pengamatan diharapkan siswa dapat:
memahami perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi.
membedakan perpindahan kalor melalui konduksi, konveksi dan radiasi.
Alat dan Bahan
Stopwatch
Kaki tiga, Pembakar spirtus
Kaleng,
Mentega/plastisin
Batang aluminium
Batang besi
Batang tembaga
Air
Termometer
Gelas kimia, zat pewarna
Pertanyaan awal
Jika pada ujung batang besi, aluminium dan tembaga dengan ukuran yang sama ditempelkan plastisin, kemudian ujung yang lain dipanaskan , apa yang akan terjadi? plastisin pada ujung manakah yang lebih dulu meleleh? Mengapa demikian?
Jawaban sementara:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Apa yang terjadi jika dua batang sejenis tetapi dengan ukuran berbeda dipanaskan, plastisin pada batang mana yang lebih dulu meleleh?
Jawaban sementara:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Jika sebuah kaleng yang bagian dalamnya dilapisi dengan cat berwarna putih dan cat berwarna hitam (pada sisi yang berseberangan), kemudian dipanaskan, apa yang terjadi? Sisi bagian mana yang lebih dulu panas? Mengapa demikian?
Jawaban sementara:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
Langkah Kegiatan
Percobaan 1
Panaskan ujung ketiga batang aluminium, besi dan kayu secara bersamaan. Plastisin pada batang manakah yang lebih dulu meleleh?
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………Apa yang terjadi jika menggunakan 2 batang sejenis yang ukurannya berbeda?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Bagaimanakah hubungan antara laju hantaran kalor dengan jenis bahan?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Kegiatan 2 *
Isilah gelas kimia dengan air sampai hampir penuh dan tunggu sampai air tersebut tenang
Masukkan zat warna (beberapa butir kalium permanganat) secara perlahan-lahan ke tepi bawah gelas kimia.
Panaskan air tepat di bawah kalium permanganat
Amati aliran partikel kalium permanganat tersebut, apakah ke bawah atau ke atas? mengapa bisa demikian?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
*sumber: Sirait
Kegiatan 3
Siapkanlah sebuah kaleng timah yang sudah dilapisi bagian dalamnya dengan cat putih dan hitam (kedua sisi berseberangan). Letakkan termometer di luar kaleng dengan jarak yang sama.
Nyalakan lilin dalam kaleng, perhatikan sisi mana yang lebih dulu panas dengan menggunakan termometer. Mengapa?
Bagaimanakah laju hantaran kalor jika luas permukaan bidang yang di cat hitam diperbesar? Nyatakan kesimpulanmu!
Pertanyaan akhir:
Faktor apa saja yang mempengaruhi kecepatan laju hantaran kalor?
Mengapa permukaan dalam termos dibuat mengkilap? Mengapa di antara kedua dindingnya terdapat ruang vakum?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Apakah jawaban prediksi anda sesuai dengan hasil pengamatan yang anda lakukan?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………
Buatlah kesimpulan dari percobaan di atas dan jawablah kembali pertanyaan sebelumnya
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar