Rabu, 26 Agustus 2015

MENGGALI POTENSI DIRI

Menggali potensi diri sangatlah penting, karena point ini yang akan menjadi hal penentu dalam kesuksesan, setiap insan mempunyai kekuatan dan kelemahan, dua hal ini menjadi menonjol bergantung kepada individu yang bersangkutan, jika kita tidak memunculkan kelebihan atau kekuatan kita maka yang akan muncul adalah kelemahan sehingga diperlukan trik trik tertentu untuk memunculkan potensi diri.
Nah, penulis ingin berbagi untuk menggali potensi diri......Tips ini juga penulis peroleh dari beberapa sumber yang penulis baca (http://www.blogmamen.com/2013/03/5-cara-menggali-dan-mengembangkan.html) , (http://www.maribelajarbk.web.id/2014/12/mengenali-dan-menggali-potensi-diri.html)
Inilah 5 Cara Mengembangkan Potensi diri:

1. Kenali Diri Sendiri

Coba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat Anda bahagia, apa yang Anda inginkan dalam hidup ini, apa kelebihana dan kekuatan anda, dan apa saja kelemahan anda. Kemudian jawablah pertanyaan tersebut secara jujur dan objektif sesuai dengan keadaan diri anda. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat, rekan anda untuk menilai kelemahan dan kekuatan anda.

2. Tentukan Tujuan Hidup

Tentukan tujuan hidup anda baik itu tujuan jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya sesuai dengan kemampuan dan kompetensi Anda. Menentukan tujuan yang jauh boleh saja asal diikuti oleh semangat dan usaha untuk mencapainya. karena tanpa usaha semua tujuan juga akan sia sia

3. Kenali Motivasi Hidup

Setiap manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Coba kenali apa motivasi hidup Anda, apa yang bisa melecut semangat Anda untuk menghasilkan karya terbaik dan sebagainya. Sehingga anda memiliki kekuatan dan dukungan moril dari dalam diri untuk menghasilkan yang terbaik.

4. Hilangkan Negative Thinking

 Setiap kali anda menghadapi hambatan, jangan menyalahkan orang lain. Lebih baik coba evaluasi kembali langkah anda, mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Kemudian melangkahlah kembali jika anda telah menemukan jalan yang mantap. Hilangkan pikiran negatif mengenai orang lain sehingga anda tidak akan menghabiskan waktu anda hanya untuk memikirkan orang lain dan lebih menonjolkan potensi diri yang ada pada anda.

5. Jangan mengadili diri sendiri

Jika terjadi sesuatu yang tidak diingankan dalam mencapai tujuan anda, jangan menyesali dan mengadili diri sendiri berlarut-larut. Hal ini hanya akan membuang waktu dan energi. Bangkit dan tataplah masa depan. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju

Semoga 5 cara menggali dan mengembangkan potensi diri diatas bisa membantu Anda dalam mengenali, menggali, serta mengembangkan potensi diri anda. Ingat, potensi adalah kekuatan anda untuk mencapai kesuksesan. So, mulai sekarang ketahuilah dan galilah potensi diri anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar